Cara Pilih Busur Panah yang Sesuai

Sudah tidak diragukan lagi, teka-teki tentang tips memilih busar panah yang tepat, merupakan salah satu problem yang paling sering ditanyain sama orang2 yang baru mulai tampil panahan.

Termasuk kami seluruh dahulu. Supaya lebih tetap dan gak keliru.

Terselip beberapa tips dan hal penting nih yang harus diperhatikan bahwa Anda ingin membeli satu peralatan panahan.

Secara, panahan itu kendi sebuah olahraga yang membutuhkan konsistensi & ketekunan level tinggi.

Jika Anda berfikir olahraga yang satu berikut bisa dikuasai hanya secara beberapa kali berhasil akurat mengenai incaran, berarti Anda memiliki rekognisi yang cela.

Karena memanah tidak semudah kelihatannya.

jual panah Yaa mungkin aja ketika Dikau melihat seseorang bermain panahan, memang tampak sangat gampang, tapi belum tentu saat prakteknya.

Selain harus mampu mengatur tempat dari luar seperti pedoman kecepatan udara dan titis sudut.

Memanah juga membuthkan keterampilan dalam settingan alat, maupun tekniknya, supaya Anda bisa luar biasa menembakan pada setiap anak panahnya dengan perolehan yang terbaik.

Gimana mampu hal ini tercapai kalo kita semuanya menagndalkan terang pinjeman memiliki teman?

Sungguh walaupun tidak papa juga, tetapi lamun Anda berniat untuk menyigi bidang olahraga yang mono ini, maka hukumnya tetap bagi Kamu untuk memilikinya sendiri.

Akan tetapi kalau dilihat melalui sosok yang lain, peralatan yang dikenakan dalam olahraga memanah juga bsia dibilang bukan jasad yang sedikit.

Jadi di setiap Anda ingin membeli salah satu diantaranya, Anda kudu teliti di dalam milih, mana yang benar-benar dibutuhkan, serta mana yang sifatnya hanya sekedar untuk aksesoris.

Bahwa semisal sudah beli namun ternyata tidak cocok, kan kalau dijual lagi juga kemungkinan besar nggak akan pulih modal.

Nah, untuk awal-awal memang cara terbaik untuk mengetahuinya merupakan menggunakannya terlebih dahulu, sekadar coba-coba lah, bisa beserta meminjam mempunyai teman, / punya klub panahan.

Biasanya sih senang ke klub yah minjemnya. Karena kalau di klub-klub memanah, lazimnya ada cenderung pilihan tolok ukur, maupun berat tarikan daripada busur panahanya.

Jadi Kamu bisa publik memilih mana yang kian tepat untuk Anda sendiri, dan lazimnya yang gemar itulah yang nantinya Engkau bisa order.

Setelah Kamu memang sudah biasa memiliki pedoman yang manatap untuk mengamati bidang olahraga ini, pertama-tama mulailah untuk berlatik teknik-tekniknya, sambal langsung mengimbanginya dengan berlatih.

Nah, kalau merasa sudah mewujudkan busur ataupun panahan yang cocok, trendi deh Engkau bisa menebak-nebak beberpa sesuatu berikut, serupa acuan tatkala Anda ingin membeli sebuah set panahan.



#1 – Menentukan Pemanfaatan Panahan
Pikir kami, hal inilah yang menjadi unsur pertama yang harus diputuskan, apakah Engkau Pengguna Right Gripper, atau Left Gripper.

Sebagian gede para pemanah yang terselip di globe adalah pemanah yang menggunakann tangan kanan (tangan kiri yang megang busur, serta tangan kanan yang menarik string).

Namun bukan berguna Anda kudu ikut-iktanan mana yang cenderung kok. Walhasil kembali pada Anda sendiri, tangan mana yang lebih nyaman diterapkan untuk memanah.

Selain tangan yang berlaku penting dalam memanah, emas tempawan juga sebagai anggota awak lain yang sangat giat karena dipakai untuk menentang sasaran.

Setara halnya dengan tangan, implementasi mata di memanah pula bisa mempergunakan mata yang kiri (kidal).

Istilahnya ialah eye dominance, nah ini juga bagus lagi di Anda, lebih nyaman mempergunakan yang mana?



#2 – Jenis gandi
Kalau unsur yang wahid ini, kental sepenuhnya mengenai masalah minat, dan sisanya masalah dana.??

Apabila ditinjau dari harganya, dalam dunia panahan siap banyak sekali kesukaan jenis lung yang mampu digunakan, contohnya seperti recurve bow, long bow, horsebow, compound, & yang lain sebagainya.

Semua jenis-jenisnya, memiliki berlebih minus-nya masing-masing.

Untuk perkara harga, gandi olympic recurve bow dan compound bow adalah spesies yang termahal dalam dunia memanah, hanya untuk starter kit-nya saja, bea yang dibutuhkan bisa datang 10 juta ke atas.

Belum lagi kalau Anda mengigaukan peralatan- logistik memanah yang terbaik segala, wah bisa-bisa habis puluhan juta.

Nah, untuk Anda yang memiliki low budget. Tenang, Engkau tidak seorangan kok, disana masih banyak kok orang yang memiliki budget yang sama, apalagi untuk orang-orang yang biasanya trendi mau meranyak hobi panahan.

Diantaranya, siap beberapa macam busur yang cukup bagus kualitasnya, namun untuk jurusan harga, pula masih sanggup menjadi suara miring.

Hanya hanyalah gambaran pangkat saja yah, jangan dikira apa-apa nih.



#1 – Standard bow

Sebenernya species yang satu ini merupakan jenis recurve bow, namun dalam corak general-nya.??

Untuk harga panahannya, standard bow biasa kena kisaran 3 juta, ini pun perlengkapannya sudah sepadan lengkap.

Jika hanya sekedar busurnya selalu, kenanya dalam kisaran harga 1, 6 juta.

Beberapa contoh panahan denga bungkusan yang sempurna lengkap, antaralain:

Handle – Pegangan yang utama
Limbs – Bagian pegas pada panahan
String – Tali di dalam panahan
Tas panah
The arrow – Anak panah
Finger tab – Patron jari
Arm guard – Pelindung tangan
Arrow rest – Teritori anak busur pada bagian menjelang busur
Bow stringer – Alat terusan yang dikenakan untuk menarik anak busur


#2 – Horse bow

Mungkin diantara para pembaca ada yang berfikir,.. “hmm panah kuda”, mungkin tanda yang dipakai sama jaran.

Yup, nggak salah-salah banget sih. Umumnya horse bow itu ialah sebuah penunjuk yang pas apabila digunakan sambal menjalankan kuda.

Mamak ada tanda yang nggak cocok, pada waktu sambal menjalankan kuda? Jawabannya ada.

Nah, busur yang satu ini memiliki jati diri ukuran yang relatif ringkas, walaupun terselip juga yang berukuran jenjang.

Material yang seringkali digunakan sebagai bahannya adalah, bamboo ataupun kayu.

Busurnya seorang diri terdiri atas 3 bagian utama, yaitu handler busar, dustar (bagian lengan yang dapat melentik ketika gendewa ditarik), serta siyah (bagian kaku yang terdapat dalam ujung-ujung busur, tempat untuk mengaitkan saluran busur).

Selain itu, spesies panah yang satu tersebut juga seringkali disebut secara busur reflex.

Kenapa? Akar busur itu, umumnya mempunyai bentuk letter C tatkala belum dipasangkan dengan senur.

Serta, kudu diregangkan terlebih dahulu pada ingin dipasangkan tali.

Kekuatan dari gendewa horse bow, bisa dianggap juga tidak kalah mumbang busur yang lainnya, karena memiliki watak potential per yang buntal pula.

Nah, karena bilangan kekuatan dan efektifits di panah horsebow, membuat terang yang wahid ini semua banyak diinginkan oleh bangsa, sehingga persediaannya seringkali luruh.

Untuk tumplak permintaan pasar yang siap, akhirnya getah perca produsen panahan membuat sebuah busur yang mirip laksana horse bow, namun material yang dimanfaatkan berbahan serat.

Diantaranya, juga ada yang terbuat dari PVC.

Terlebih, saat ini tidak sekutil juga busur horse bow yang terbuat oleh produser lokal. Jadi otomatis, martabat panah yang ditawarkan juga termasuk luar biasa murah.

Beberapa diantaranya tersedia yang mencapai berbatas menjualnya secara harga 700 ribu yen.

Bahan yang digunakan adalah fiber serta kayu.

Yang mana bahwa diperhatilkan, martabat tesebut sungguh cukup murah. Apalagi pada waktu sudah tergolong finger tab dan arm guard-nya.

Lumayan tambahan, untuk anak panahnya biasanya belum satu kuota ketika Kamu membelinya, namun umumnya budak panah dijual secara terpisah.

Horsebow serat

Ada soulusi lain nih kalau Kamu menginginkan horse bow yang lebih murah, yakni gandi dengan material PVC (paralon).

Yang paling murah, horse bow dibandrol dengan harga 450rb.

Tapi kami nggak bisa mengasese loh sungguh, apa selalu alat-alat yang ada dalam dalamnya, seminimal- minimalnya gendewa sama talinya lah yaa.

#3 – Busur Tradisional

Mirip diantaranya horse bow, material yang digunakan sama-sama kayu dan bambu, perbedaannya ada saat desainnya.

Bahwa horse bow di disain secara terbaik supaya riang dan ringan digunakan saat sambal berkuda, nah lamun yang konvensional, hanya pada desain sama seperti panahan pada biasanya.

Harga yang di bandrol sekitar 650 ribu rupiah, belum tergolong aksesoris lainnya, seperti bujang panah, finger tab, dan arm guard.

#4 – Busur PVC

Bisa dibilang, busur ini lah yang paling murah diantara semuanya.

Akan tetapi untuk kualitasnya, kami pula tidak menyarakan kalau Dikau benar-benar ingin menekuni sudut pandangan olahraga yang satu berikut, lebih elok Anda mengambil standard bow yang sudah lengkap beserta segala peralatannya.

Material handle yang digunakan pada busur PVC berbahan dasar daripada kayu, sedangkan untuk limbs-nya yang umumnya digunakan ialah PVC yang diisi beserta bambu.

Pangkat yang diberikan oleh penjual umumnya berputar antara 300-400 ribu rupiah.


#3 – Ukuran Gandi
Nah, segmen lainnya yang perlu diperhatikan adalah, standar riser panah, atau gaib dikenal pula dengan gendewa.

Khususnya untuk “standard bow recurve ” dan “olympic style recurve “, daripada berbagai jenisnya, beberapa antaralain ada standar busur tertentu yang bisa disesuaikan secara postur lembaga.

Yap bukan lain sebab postur tubuh lah yang akan menawan seberapa jenjang tarikan yang dibutuhkan(draw length).

Nah, habis length inilah yang bakal menjadi contoh Anda, untuk memilih mana ukuran lung yang akurat untuk dikenakan.



#4 – Berat Pungutan (Draw Weight)
Nah, kesalahan yang tertinggi terjadi ketika seseorang membeli panah adalah, membeli tanda yang terlalu berat, tujuannya biar tidak perlu beli-beli lagi.

Sepertinya awalnya Anda berpikir bakal terbiasa nantinya, tapi gak pada sudah barang tentu.

Hal tersebut pula yang biasanya terjadi untuk Engkau yang masih pemula, beberapa diantara abdi juga mengerjakan hal tersebut dulu, dan hasilnya tidak memuaskan sebagaimana ekspektasinya.

Kenapa? karena pada tahap awal belajar panahan, hal yang paling utama adalah mempelajari teknik.

Nah, kalau tubuh kita aja perlu usaha yang komisi hanya sekadar untuk menarik string, rupanya teknik yang diperhatikan, malah nantinya bakal kesusahan sendiri ketika ingin menembak.

Belum lagi kejituan tembakan yang dilepaskan pula bakal hancur-hancuran, dikarenakan tragedi untuk mengurus kekuatan tarikan.

Tenang, nggak usah malu kalau semisal Anda adalah seorang lelaki yang pangkat kalau lamun cuma memikat busur beserta kapasitas 20 lbs.

Hal itu sudah biasa wajar kok, karena otot yang dimanfaatkan untuk memanah, adalah otot yang rumpang digunakan sehari-hari pada aktifitas biasanya.

Sekutil catatan nih ya, pendidikan memenag itu membuthkan pertalian dan ketelatenan[cak] yang semua, dan latihannya bisa cukup berjam-jam.

Kan percuma pada waktu punya gendewa draw weight dengan tarikan yang luas kalau semata-mata bisa memikatnya 10 x doang, abis itu sinambung tepar, yah, nggak dengan memberikan hasil yang raksasa untuk kedepannya.

Lebih bagus menggunakan lung yang standar saja, tapi hasil simpulan dari kursus yang diterapkan, matang berdasar pada sempurna.

Busar dengan rampasan 20-30 lbs juga tetap bagus kok, dan sela yang sanggup dicapai dapat sampai 20 meter, kiranya lebih.

Kan kalau hanya untuk sayembara indoor, cuma sekedar 18 meter.

Coba-coba aja dulu punya pinjem punya temen, dan perhatikan.

Mana yang menurut Dikau cukup halus-halus, dan pas sanggup untuk menariknya sampai berjam-jam.

Tujuannya tidak berbeda supaya latihan yang dikerjakan lebih terbaik kok.

Nah, ketika setelah Anda sudah biasa mulai terbiasa, baru deh bisa coba-coba dinaikan sedikit-sedikit draw weight–nya.

Dinaikan beserta kapasitas dibawah 5 lbs masih cukup enak mengapa untuk penyesuaiannya.

Tidak mesti beli kok, salah saeorang dari aku sendiri sudah barter. Jajal aja Pajang di supel media, insyaalla ada saja nanti peminatnya.??

*Catatan, untuk standard bow, limbs yang tersedia mulai dari 18-40 lbs.

Untuk nambahnya kelipatannya, biasanya bagi 2 lbs.

Biasanya orang2 yang baru mulai memanah, menggunakan tarikan yang 24 lbs, itu pun juga mayoritas masih gemeteran surat keterangan menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *